Cara Mengelompokkan Pelanggan Kamu Ke Dalam Segmen Pasar
Hanya sebagian dari populasi umum yang akan membeli produk kamu atau menggunakan jasa kamu; dengan demikian, semakin kamu fokus pada mereka, semakin sedikit usaha kamu akan sia-sia. Lebih baik tidak menargetkan target yang terlalu luas, untuk menghindari hamburan sumber daya kamu.
Panduan ini bertujuan untuk menjelaskan dasar-dasar pemilahan pelanggan kamu berdasarkan kelompok. Ini dapat membantu kamu memahami apa yang benar-benar diinginkan pelanggan dan apa yang dapat kamu tawarkan kepada mereka. Ini juga menjelaskan mengapa mengelompokkan pelanggan kamu ke dalam segmen pasar adalah dasar yang baik untuk mendapatkan pelanggan dan keuntungan.
Lihat juga:
Segmentasi pelanggan kamu ke dalam kelompok sesuai dengan kebutuhan mereka memiliki beberapa keuntungan. Ini dapat membantu kamu:
Setiap klien kamu dengan kebutuhan yang berbeda, akan lebih mudah memberi mereka apa yang mereka inginkan jika kamu membagi mereka menjadi kelompok-kelompok yang berbagi kebutuhan yang sama, dan memperlakukan setiap kelompok secara berbeda.
Kamu kemudian dapat:
Perusahaan biasanya menargetkan segmen besar dengan sejumlah besar orang atau fokus pada segmen niche, yang akan memiliki lebih sedikit orang tetapi melayani lebih baik. Sejumlah besar perusahaan akan mencoba untuk memenuhi kebutuhan beberapa segmen, tetapi mereka terutama menargetkan sejumlah segmen yang dapat dikelola dengan sejumlah besar pelanggan.
Kamu mensegmentasikan pelanggan kamu secara berbeda bergantung pada apakah kamu memasarkan produk dan layanan kamu ke:
Jika kamu mengelompokkan pasar bisnis, kamu dapat membagi pasar menjadi:
Jika kamu mengelompokkan pasar konsumen, kamu dapat mengelompokkan pelanggan dengan:
Untuk menyegmentasikan pelanggan kamu, Anda harus menggunakan variabel, seperti:
Beberapa perusahaan menggunakan segmentasi vertikal, memilih industri atau pekerjaan tertentu yang mungkin diminati oleh produk atau layanan mereka. Kamu juga dapat menggunakan segmentasi horizontal, seperti memilih jabatan hanya dari berbagai organisasi.
Untuk mengetahui lebih banyak tentang pelanggan mereka, banyak perusahaan melakukan riset pasar. Ada dua tipe utama:
Cara utama untuk melakukan penelitian adalah:
Setelah kamu melakukan riset, kamu kemudian dapat menyesuaikan pemasaran kamu untuk menjangkau pelanggan dan menyediakan produk dan layanan yang mereka inginkan.
Segmentasi pelanggan kamu dapat membantu kamu mengidentifikasi ceruk pasar - area pasar yang spesifik dan terdefinisi dengan baik yang dapat diabaikan oleh pesaing.
Lebih baik mempelajari pasar kamu lebih hati-hati, untuk:
Untuk memaksimalkan penjualan ke setiap ceruk pasar yang mungkin kamu identifikasi, kamu harus:
Ingat bahwa memasuki ceruk pasar dapat menjadi bisnis yang berisiko:
Panduan ini bertujuan untuk menjelaskan dasar-dasar pemilahan pelanggan kamu berdasarkan kelompok. Ini dapat membantu kamu memahami apa yang benar-benar diinginkan pelanggan dan apa yang dapat kamu tawarkan kepada mereka. Ini juga menjelaskan mengapa mengelompokkan pelanggan kamu ke dalam segmen pasar adalah dasar yang baik untuk mendapatkan pelanggan dan keuntungan.
Lihat juga:
- Cara Menetapkan Harga Sesuai Dengan Jenis Aktivitas Bisnis
- Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memulai Ekspor
- Strategi Penetapan Harga: Jenis Dan Faktor-Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan
Manfaat Segmentasi
Segmentasi pelanggan kamu ke dalam kelompok sesuai dengan kebutuhan mereka memiliki beberapa keuntungan. Ini dapat membantu kamu:
- Mengidentifikasi pelanggan kamu yang paling menguntungkan dan paling tidak menguntungkan
- Fokuskan pemasaran kamu pada pelanggan yang kemungkinan besar akan membeli produk atau jasa kamu
- Hindari pasar yang tidak menguntungkan bagi kamu
- Membangun hubungan yang setia dengan pelanggan dengan mengembangkan dan menawarkan kepada mereka produk dan layanan yang mereka inginkan
- Meningkatkan layanan pelanggan
- Mendapatkan keuntungan lebih dari kompetisi di bagian tertentu dari pasar
- Gunakan sumber daya kamu dengan bijaksana
- Mengidentifikasi produk baru
- Meningkatkan produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
- Meningkatkan laba dengan menekan biaya, dan di beberapa area memungkinkan kamu mengenakan harga yang lebih tinggi untuk produk dan jasa kamu
- Kelompokkan pelanggan kamu dengan faktor-faktor seperti lokasi geografis, ukuran dan jenis organisasi, jenis konsumen dan gaya hidup, sikap, dan perilaku mereka
Manajemen Pelanggan
Setiap klien kamu dengan kebutuhan yang berbeda, akan lebih mudah memberi mereka apa yang mereka inginkan jika kamu membagi mereka menjadi kelompok-kelompok yang berbagi kebutuhan yang sama, dan memperlakukan setiap kelompok secara berbeda.
Kamu kemudian dapat:
- Sesuaikan produk dan layanan kamu untuk setiap segmen
- Fokuskan pemasaran kamu pada setiap kelompok tertentu, hemat waktu dan uang kamu
- Fokus pada pelanggan kamu yang paling menguntungkan
Perusahaan biasanya menargetkan segmen besar dengan sejumlah besar orang atau fokus pada segmen niche, yang akan memiliki lebih sedikit orang tetapi melayani lebih baik. Sejumlah besar perusahaan akan mencoba untuk memenuhi kebutuhan beberapa segmen, tetapi mereka terutama menargetkan sejumlah segmen yang dapat dikelola dengan sejumlah besar pelanggan.
Kamu mensegmentasikan pelanggan kamu secara berbeda bergantung pada apakah kamu memasarkan produk dan layanan kamu ke:
- Perusahaan atau organisasi - B2B
- Konsumen individu atau rumah tangga - ritel atau B2C
B2B
Jika kamu mengelompokkan pasar bisnis, kamu dapat membagi pasar menjadi:
- Apa yang mereka lakukan - industri, sektor publik atau swasta, ukuran dan lokasi
- Cara mereka bekerja - teknologi, penggunaan produk kamu
- Pola pembelian mereka - bagaimana mereka menempatkan pesanan, ukuran dan frekuensi mereka
- Bagaimana mereka berperilaku - kesetiaan dan sikap terhadap risiko
B2C
Jika kamu mengelompokkan pasar konsumen, kamu dapat mengelompokkan pelanggan dengan:
- Lokasi - kota, wilayah, dan negara
- Profil - seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, kelas sosial
- Sikap dan gaya hidup
- Perilaku pembelian - termasuk penggunaan produk, loyalitas merek, dan manfaat yang mereka cari dari produk atau layanan
Pendekatan Untuk Segmentasi
Untuk menyegmentasikan pelanggan kamu, Anda harus menggunakan variabel, seperti:
- Sektor, ukuran, lokasi dan pola pembelian suatu organisasi
- Usia, jenis kelamin, gaya hidup, wilayah, perilaku pembelian dan sikap seseorang
Beberapa perusahaan menggunakan segmentasi vertikal, memilih industri atau pekerjaan tertentu yang mungkin diminati oleh produk atau layanan mereka. Kamu juga dapat menggunakan segmentasi horizontal, seperti memilih jabatan hanya dari berbagai organisasi.
Riset pasar
Untuk mengetahui lebih banyak tentang pelanggan mereka, banyak perusahaan melakukan riset pasar. Ada dua tipe utama:
- Penelitian asli - yang melibatkan berkomunikasi dengan pelanggan kamu, dan siapa yang akan memberi kamu informasi rinci tentang mereka
- Pencarian literatur - penggunaan laporan yang dipublikasikan dan statistik pasar yang mencakup pasar umum
Cara utama untuk melakukan penelitian adalah:
- Wawancara langsung
- Telepon
- Survei online
- Kelompok fokus
Setelah kamu melakukan riset, kamu kemudian dapat menyesuaikan pemasaran kamu untuk menjangkau pelanggan dan menyediakan produk dan layanan yang mereka inginkan.
Niche Pasar
Segmentasi pelanggan kamu dapat membantu kamu mengidentifikasi ceruk pasar - area pasar yang spesifik dan terdefinisi dengan baik yang dapat diabaikan oleh pesaing.
Lebih baik mempelajari pasar kamu lebih hati-hati, untuk:
- Untuk mengidentifikasi jika ada segmen pasar yang tidak tercakup untuk saat ini
- Untuk memikirkan cara-cara di mana kamu dapat menawarkan produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan individu dari segmen ini
Untuk memaksimalkan penjualan ke setiap ceruk pasar yang mungkin kamu identifikasi, kamu harus:
- Lakukan riset kamu untuk mencari tahu apakah ceruk semacam itu ada dan bagaimana hal itu dapat terlayani dengan baik
- Coba cari tahu sebanyak mungkin dan kembangkan keahlian di niche market
Ingat bahwa memasuki ceruk pasar dapat menjadi bisnis yang berisiko:
- Melakukan analisis kasus sebelum mencoba menembus ceruk pasar
- Berjaga-jaga tentang reaksi pesaing yang sudah beroperasi di dalam ceruk pasar
- Saksikan pasar dan bersiap-siap pindah ke ceruk lain
0 Response to "Cara Mengelompokkan Pelanggan Kamu Ke Dalam Segmen Pasar"
Post a Comment