Loyalitas Pelanggan: Definisi, Karakteristik, dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi - fans karbitan -->

Loyalitas Pelanggan: Definisi, Karakteristik, dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

Loyalitas Pelanggan: Definisi, Karakteristik, dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi


Suatu perusahaan yang ingin mendapatkan loyalias atau kesetiaan dari konsumen perlu strategi pemasaran yang tepat dan kompleks. Konsumen cenderung akan menjadi loyal pada merek-merek yang berkualitas dan menawarkannya dengan harga yang wajar. Selain itu, penjual juga beranggapan bahwa konsumen akan menjadi loyal pada suatu produk jika produk tersebut mudah didapatkan saat dibutuhkan. Dan yang tidak kalah penting, loyalitas akan dapat terbentuk melalui promosi yang ditawarkan perusahaan dengan mengomunikasikan berbagai keunggulan produknya.


Lihat juga:


Pengertian Loyalitas Pelanggan


Loyalitas adalah suatu komitmen yang mendalam untuk membeli kembali atau berlangganan suatu produk atau jasa secara konsisten di masa yang akan datang, sehingga dapat menyebabkan pengulanggan pembelian merek yang sama walaupun ada pengaruh situasi dan berbagai usaha pemasaran yang berpotensi untuk menyebabkan tindakan perpindahan merek.

Pelanggan loyal adalah pelanggan yang sangat puas dengan produk atau jasa tertentu yang mereka dapatkan sehingga mempunyai antusiasme untuk memperkenalkan kepada siapa pun yang mereka kenal. Berikutnya pada tahap selanjutnya, konsumen yang loyal tersebut akan memperluas kesetiaan mereka kepada produk atau jasa lain dari produsen yang sama.

Karakteristik Loyalitas Konsumen


Konsumen yang loyal merupakan aset penting bagi perusahaan, hal ini dapat dilihat dari karakteristik yang dimilikinya. Konsumen yang loyal memiliki beberapa karakteristik, di antaranya:
  1. Melakukan pembelian secara teratur
  2. Loyalitas lebih mengacu pada wujud perilaku dari unit-unit pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian secara terus menerus terhadap barang atau jasa suatu perusahaan yang dipilih. Tingkat kepuasan terhadap suatu perusahaan akan mempengaruhi mereka untuk membeli kembali.

  3. Membeli di luar lini produk atau jasa
  4. Membeli di luar lini produk dan jasa artinya keinginan untuk membeli produk dan jasa lainnya yang telah ditawarkan oleh perusahaan. Pelanggan yang sudah percaya pada perusahaan dalam suatu urusan, maka mereka akan percaya juga untuk urusan lain.

  5. Merekomendasikan produk ke orang lain.
  6. Pelanggan yang loyal dengan sukarela merekomendasikan produk dari suatu perusahaan kepada teman, keluarga dan yang lainnya.

  7. Menunjukkan kekebalan dari daya tarik produk sejenis dari pesaing.
  8. Tidak mudah terpengaruh oleh tarikan persaingan perusahaan sejenis lainnya.


Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen


Seseorang dapat dikatakan sebagai pelanggan apabila orang tersebut mulai membiasakan diri untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Kebiasaan tersebut dapat dibangun melalui pembelian berulang-ulang dalam jangka waktu tertentu. Apabila dalam jangka waktu tertentu tidak melakukan pembelian ulang, maka orang tersebut tidak dapat dikatakan sebagai seorang pelanggan tetapi hanya sebagai seorang pembeli. Seseorang pelanggan dikatakan setia atau loyal apabila pelanggan tersebut melakukan perilaku pembelian secara teratur atau terdapat suatu kondisi dimana mewajibkan perilaku membeli paling sedikit dua kali dalam selang waktu tertentu.

Ada 5 faktor yang dapat menyebabkan konsumen loyal terhadap produk yang digunakannya, di antaranya:
  1. Nilai merek
  2. Yaitu nilai dari suatu produk yang ditawarkan ke pasar. Apabila merek suatu produk telah dikenal, maka produk tersebut telah memiliki nilai merek. Sehingga konsumen dapat menjadikan merek dari produk tersebut sebagai pilihan utama pada saat ingin membeli suatu produk karena produk tersebut sudah memiliki nilai.

  3. Karakteristik konsumen
  4. Yaitu suatu karakteristik yang dimiliki konsumen dengan berbagai macam tipe seperti: konsumen yang setia untuk menggunakan suatu produk, atau konsumen yang sudah bosan dengan suatu produk dan mudah berpindah kemerek produk lain.

  5. Switching barrier
  6. Yaitu hambatan yang akan dihadapi oleh konsumen yang ingin pindah dari satu produk ke produk lainnya. Hal tersebut bisa dikarenakan pengalaman konsumen yang langsung mengunakan produk tersebut, seperti penggunaan produk yang sangat baik sehingga konsumen enggan untuk memakai produk lainnya.

  7. Customer satisfaction (Kepuasan pelanggan)
  8. Yaitu merupakan tanggapan dari pelanggan yang merupakan evaluasi purna beli yang dilakukan oleh konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang telah didapatkanya (kinerja produk) yang dibandingkan dengan harapan yang diharapkan oleh konsumen.

  9. Lingkungan yang kompetitif
  10. Yaitu lingkungan atau situasi yang dihadapi produsen dimana produsen bersaing dengan ketat dan sehat untuk mendapatkan pelanggan atau konsumen.



0 Response to "Loyalitas Pelanggan: Definisi, Karakteristik, dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...