Merek: Definisi, Syarat Membuat, Tingkatan Pengertian, dan Strategi Perluasan - fans karbitan -->

Merek: Definisi, Syarat Membuat, Tingkatan Pengertian, dan Strategi Perluasan

Merek: Definisi, Syarat Membuat, Tingkatan Pengertian, dan Strategi Perluasan


Pengertian Merek


Merek adalah nama, simbol, tanda, istilah, desain, atau kombinasi dari semuanya itu yang dimaksudkan untuk mengindentifikasi barang dan jasa dari seseorang atau sekelompok penjual untuk membedakannya dari produk pesaing. Merek juga dapat didefinisikan sebagai suatu nama dan atau simbol yang bersifat membedakan (seperti: sebuah logo, cap atau kemasan) dengan maksud mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang penjual atau sebuah kelompok penjual tertentu.


Lihat juga:


Syarat Membuat Merek


Setiap produk yang dijual di pasar memilki merek, dimana merek tersebut bertujuan sebagai pembeda antara satu produk dengan produk lain. Merek dapat mengindentifikasi penjual atau produsen. Merek sebenarnya merupakan janji penjual untuk secara konsisten memberikan tampilan, manfaat, dan jasa tertentu pada konsumen atau pelanggan. Merek-merek terbaik akan memberikan jaminan atas kualitas yang diberikan produsen.

Supaya suatu merek dapat mencerminkan makna-makna yang ingin disampaikan, ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan, antara lain:
  1. Merek harus ciri khas dan unik
  2. Merek harus menggambarkan manfaat produk
  3. Merek harus mudah dikenali, diucapkan, dan diingat
  4. Merek tidak boleh mengandung arti yang buruk di negara dan dalam bahasa lain

Tingkatan Pengertian Merek


Suatu merek merupakan suatu simbol yang komplek yang dapat menjelaskan enam tingkatan pengertian, antara lain:
  1. Atribut produk (Attributes)
  2. Merek memberikan ingatan pada atribut–atribut tertentu dari suatu produk. Misalnya: jika kita mendengar merek Aq*a, maka kita akan teringat tentang air mineral yang higienis.

  3. Manfaat (Benefit)
  4. Atribut–atribut produk yang dapat diingat melalui merek harus dapat diterjemahkan dalam bentuk manfaat, baik secara fungsional maupun manfaat secara emosional.

  5. Nilai (Values)
  6. Merek mencerminkan nilai yang dimiliki oleh produsen sebuah produk. Misalnya: merek IPh*ne mencerminkan produsen handphone yang memiliki teknologi yang canggih dan modern.

  7. Budaya (Culture)
  8. Merek dapat mempresentasikan suatu budaya tertentu. Misalnya: Mer**des mempresentasikan budaya jerman yang teratur, efisien, dan berkualitas tinggi.

  9. Kepribadian
  10. Merek dapat diproyeksikan pada suatu kepribadian tertentu. Misalnya: Motor H*nda yang diasosikan dengan kepribadian produk yang irit, handal, mesin kuat, dan tahan lama.

  11. Penggunaan (User)
  12. Merek dapat mengelompokan tipe–tipe konsumen yang akan membeli atau mengonsumsi suatu produk. Misalnya H*nda J*zz untuk konsumsi remaja dan pemuda.


Strategi Perluasan Merek


Ada lima pilihan strategi merek yang dapat digunakan oleh perusahaan, antara lain:
  1. Perluasan Lini
  2. Perluasan lini ini dilakukan jika perusaan memperkenalkan unit produk tambahan dalam kategori produk yang sama dengan merek yang sama. Contohnya: Merek shampo P**tene mengeluarkan shampo untuk rambut rontok, rambut berketombe, rambut kering, rambut berminyak, dan lain sebagainya.

  3. Perluasan merek (brandextension)
  4. Yaitu suatu strategi yang dilakukan perusahaan untuk meluncurkan suatu produk dalam kategori baru dengan menggunakan merek yang sudah ada. Contohnya: Pep**dent mengeluarkan produk mouthwash, permen, dan sikat gigi.

  5. Multi merek
  6. Yaitu suatu strategi untuk mengenalkan merek tambahan dalam kategori produk yang sama. seperti : P & * memproduksi banyak merek deterjen, In**food meluncurkan berbagai merek untuk produk mie instannya.

  7. Merek baru
  8. Yaitu strategi perusahaan meluncurkan produk dalam suatu kategori baru, tetapi perusahaan tidak mungkin menggunakan merek yang sudah ada kemudian menggunakan merek baru. contohnya: co**-cola memproduksi minuman bersoda baru dan memiliki rasa buah-buahan yang diberi merek F*nta.

  9. Merek Bersama
  10. Yaitu dua atau lebih merek yang terkenal dikombinasikan dalam satu tawaran. Cntohnya: Aq*a-D*none.




0 Response to "Merek: Definisi, Syarat Membuat, Tingkatan Pengertian, dan Strategi Perluasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...